KAJIAN FIQIH BERSAMA KH. ZUHDI Bin KHARIRI Edisi 9




1.   1. Pertanyaan :
Assalamualaikum Wr. Wb. Saya Akbar Saifudin, Insya Allah saya ingin melaksanakan rukun islam ke lima, yaitu haji. Saya juga sering mendengar istilah haji yang “Mabrur”, apa yang di maksud dengan haji yang Mabrur itu dan apa tanda-tandanya pak yai?

Jawab : Setiap muslim yang menunaikan ibadah haji pasti berharap ibadah hajinya mabrur, “haji mabrur”ini ungkapan dari dua suku kata yaitu kata Haji dan Mabrur. Haji menurut syari adalah mengunjungi Baitul-Haram untuk mengerjakan amalan-amalan khusus seperti ihram, wuquf di arafah, thawaf sai dan lain-lain dengan mengharap ridho Allah SWT. Sedangkan kata Mabrur berarti maqbul (di terima). Haji Mabrur adalah haji yang di terima oleh Allah SWT. Untuk dapat diterimanya ibadah haji tersebut oleh Allah SWT, pertama harus memenuhi ketentuan-ketentuan manasik, Nabi Muhammad SAW bersabda :
خذوا عنىّ منا سككم (رواه البخارى ومسلم)

Ambilah contoh dari-Ku (Nabi) untuk amalan haji kalian : apa bila ibadah haji dan memenuhi rukun-rukunnyadan meninggalkan larangan-larangan ihram maka ibadah haji itu disebut ibadah haji yang sah, artinya kewajiban ibadah haji sudah selesai. Dan sudah barang tentu apa bila ibadah haji di laksanakan dengan benar sesuai Fiqhul manasik akan berpengaruh positif dalam kehidupan setelah pulang haji. Dalam sebuah hadits di katakan :
الحج المبرور ليس له جزء الاّ الجنة, وبرّالحج اطعام الطعام وإفشاء السلام (رواه احمد)

Artinya : Haji Mabrur itu tidak ada balasan lain kecuali surga dan kemabruran haji itu di tandai dengan memberikan makan serta menyebarkan salam kesejahtraan (HR. Ahmad)

2.   2. Pertanyaan :
Assalamualaikum Wr. Wb. Saya Nurul, sering saya mendengar kajian masalah Haji, namun ada yang belum saya pahami terkait perbedaan rukun haji dan wajib haji?

Jawab :
Disebut dalam kitab Al-Idlah Fi Manasik Il Haj Wal Umrah halaman 475 :

اعمال الحجّ اقسام اركان وواحبات وسنن فالا ركان لا يتمُّ الحج ولا يجزئ حتى يأتى بجميعها واما الواجبات فمن ترك منها شيأ لزمه دمُّ ويصحُّ الحج بدونه.

Amalan-amalan ibadah haji ada rukun wajib dan sunah :
a.       Rukun Haji adalah amalan-amalan yang harus di kerjakan sendiri, tidak boleh di tinggalkan dan di wakilkan, manakala satu saja tidak di kerjakan maka hajinya tidak sah. Rukun haji ada enam :
1)      Iharam
2)      Wukuf di arafah
3)      Thawaf ifadlah
4)      Sai
5)      Potong rambut
6)      Tertib pada rukun-rukun tertentu

b.      Wajib Haji adalah amalan-amalan haji yang harus dikerjakan dan apabila di tinggalkan hajinya tetap sah, namun wajib di tebus dengan fidyah, puasa atau dam. Wajib haji ada lima :
1)      Ihrom
2)      Meninggalkan larangan-larangan Ihrom
3)      Mabit Muzdalifah
4)      Mabit Minah
5)      Melempar Jumroh

3.  3.  Pertanyaan :
Assalamualaikum Wr. Wb. Saya Nia, ingin bertanya pak yai, apabila ada suami istri bertengkar, suami menyalahkan istri dan istri mengalah pada suami. Pada akhirnya suami mengeluarkan kata-kata “ sekarang kamu pulang saja kerumah orangtuamu dan semua pakaianmu kamu bawa pulang!” apakah ucapan suami seperti itu berarti Thalaq dan jatuh Thalaqnya?

Jawab :
Thalaq menurut syari ialah melepaskan perempuan dari ikatan pernikahan. Thalaq itu boleh, tapi di benci oleh Allah SWT. Di dalam agama islam telah di tetapkan hukum Thalaq/perceraian. Namun di iringi dengan penjelasan Rosulullah SAW. Bahwa perceraian itu sangat-sangat tidak di sukai oleh Allah SWT.

عن ابن عمررضى الله عنهما عن البنى صلى الله عليه وسلم قال: ابغض الحلال الى الله عزَّ وجلَّ الطّلاق (رواه ابو داود والحاكم)

Artinya : Dari Ibnu Umar R.A. dari Nabi SAW. Bersabda : “perbuatan halal yang sangat di murkai oleh Allah Azza Wajalla ialah thalaq. (HR. Abu Dawud dan Hakim)

الطّلاق ضربان صريح وهو مالا يحتمل ظاهره غير الطّلاق فلا يحتاج الى نية لايقاع الطّلاق وكناية وهى ما يحتمل الطّلاق وغيره فيحتاج الى نية لايقاعه(الاقناع الجزء الثانى 148)

Ucapan untuk menceraikan istri ada dua macam:
1)      Ucapan yang Sharih
Ucapan yang Sharih adalah ucapan yang tegas/jelas maksudnya untuk thalaq. Ucapan ini tidak membutuhkan niat. Apa bila di ucapkan oleh suami, walau dalam hatinya tidak berniat menceraikan, tetap jatuh thalaq. Contoh ucapan yang Sharih adalah :
a)      Aku thalaq engkau.
b)      Aku ceraikan engkau.
c)      Aku lepas engkau.
2)      Ucapan ynag Kinayah
Ucapan yang Kinayah yaitu ucapan yang tidak tegas/tidak jelas maksudnya untuk thalaq. Mungkin ucapan itu maksudnya thalaq dan mungkin lain. Ucapan yang Kinayah membutuhkan niat, jika berniat menceraikan maka jatuh thalaq dan jika tidak ada niat menceraikan maka tidak jatuh thalaq. Adapun contoh ucapan kinayah adalah :
a)      Pulanglah engkau kerumah bapakmu.
b)      Aku tidak membutuhkan kamu lagi.
c)      Kawinlah dengan orang lain
Dengan penjelasan diatas maka ucapan suami dalam pertanyaan tersebut apa bila tidak ada niat menceraikan maka tidak jatuh thalaq dan jika ada niat menceraikan maka jatuh thalaq.
4.  4.  Pertanyaan :
Assalamualaikum Wr. Wb. Saya Ayu pak yai. Allah SWT telah mentaqdirksan pada tiap wanita haid. Biasanya haid datang tiap bulan. Ketika wanita dalam keadaan haid apakah boleh memotong rambut dan potong kuku?

Jawab :
Darah haid merupakan darah wanita yang keluar secara sehat dan biasanya datang setiap bulan. Masa keluar darah haid tidak kurang dari sehari semalam dan tidak lebih dari 15 hari/malam. Wanita yang sedang dalam keadaan haid tidak prayogo (makruh) memotong rambut dan memotong kuku.

وينبغى ان لاّيزيلوا قبل الغسل شعراً اوظفراً (الاعانة الطالبين الجزء الأول 75)

5.   5. Pertanyaan :
Assalamualaikum Wr. Wb. Seiring daftar tunggu berangkat ketanah suci untuk melaksanakan ibadah haji semakin panjang sampai 15 tahun, maka sebagian masyarakat ada yang melaksanakan umroh dulu. Apakah yang demikian itu boleh? Sebab ada yang bilang “ Wong belum haji kok sudah Umroh duluan!”

Jawab :
Umroh adalah berkunjung ke Baitullah untuk melaksanakan thawaf, sai dan potong rambut diawali dengan ihrom (niat). Hukum umroh wajib sekali seumur hidup. Umroh merupakan kewajiban tersendiri yang dibebankan kepada setiap umat islam yang mampu.

واتموا الحج والعمرة لله (البقرة 196)

Artinya : dan sempurnakanlah ibadah haji dan umroh karena Allah SWT (Al-Baqarah 196)

حديث زيد بن ثابت ان النبى صلى الله عليه وسلم قال الحج والعمرة فريضرتان لايضرّك بأيهما بدأت (هدا ية السالك الجزء الثالث : 1203)


Artinya : Hadits Zaid bin Tsabit sesungguhnya Nabi SAW bersabda : ibadah haji dan umrah adalah dua kewajiban tidak memudlorrotakan kamu mana yang kamu dahulukan diantara keduanya (Hadayatus salik juz 3 hal. 1203)

فرع: أجمع العلماء على جواز العمرة قبل الحج سواء حج فى سنته ام لا وكذا الحج قبل العمرة, واحتجوا له بحد يث ابن عمر ان النبى صلى الله عليه وسلم اعتمر قبل الحج (رواه البخار) (امجموع الجزء السابع 167)

Artinya :
Para ulama sepakat di perbolehkannya ibadah umrah sebelum haji baik haji di lakukan di tahun itu atau bukan pada tahun itu (tahun berikutnya) demikian juga diperbolehkan melakukan ibadah haji sebelum umrah. Mereka beralasan dengan hadits Ibnu Umar sesungguhnya Nabi SAW melakukan umrah sebelum beliau haji (HR. Bukhari) (Al-Majmu Juz 7 halaman 167)

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Brayan Urip

Gemerlap Batu Akik Sampai Di Pekalongan