Beberapa Manfaat Tanaman Bagi Kesehatan

Kebaikan Allah SWT begitu besar kepada mahluknya, sehingga menciptakan segala kebutuhan bagi tiap hamba-Nya. Saking perhatiannya Allah kepada hamba-Nya, tiap apa yang di ciptakan pastinya memiliki manfaat yang besar. Mulai dari benda mati ataupun benda hidup, dari hewan, tumbuhan ataupun yang lainnya. Seperti halnya beberapa tanaman berikut ini,

Siapa yang tidak pernah melihat buah ini? Buah yang masih mudah di jumpai di wilayah Pekalongan ternyata memiliki banyak manfaat untuk mengobati dan pencegahan beberapa penyakit. Diantaranya yang dapat di sembuhkan dengan blimbing wuluh adalah gusi berdarah, obat gondongan, obat Rematik, obat sariawan, obat sakit gigi,  obat pagal linu, obat penghilang panu, dan obat batuk. Khusus untuk batuk, di makan langsung dan di kasih garam.
Cara penggunaannya juga terbilang gampang, bisa langsung dimakan ataupun di rebus dan di ambil airnya. Rasanya tidak pahit, melainkan sangat asam.



2.Daun cingcau
Bermanfaat untuk mengobati sakit perut, hipertensi, demam, mengendurkan otot, mengobati tumor ganas, kanker ginjal, antiradang, hipertensi, vertigo, kolesterol dan maag yang kronis.
Sebaiknya penggunaan  sebagai obat  haruslah yang segar  atau yang belum menjadi agar/ jelly, supaya ramuan mengembang di dalam perut  dan mengikat kelebihan lemak dan asam lambung di dalam perut juga bisa menutup luka atau pendarahan dalam lambung dan usus. Ambil kira 15 lembar daun cincau, kemudian peras dengan air bersih yang matang satu 3/4 gelas. Tunggu hingga air perasan agak mengental. Ramuan ini di anjurkan di minum 2 kali sehari, sebelum makan dan sebelum tidur.



3.Daun Dewa (Gynura divaricata)
Daun dewa sebagai obat analgesik (meredakan rasa nyeri), anti Inflamasi (anti radang), melancarkan sirkulasi darah, menurunkan tekanan darah tinggi, luka memar, pereda rasa nyerin, anti radang, menghentikan pendarahan, penurun panas, kencing manis atau diabetes mellitus dan sebagai pembersih racun dalam tubuh.



4.Sambiloto
Sambiloto adalah tanaman yang tumbuh liar di semak rerumputan. Kadang kita hanya mencabutnya dan membuangnya begitu saja. Namun ternyata tanaman ini bermanfaat untuk mencegah pembentukan radang, memperlancar air seni (diuretika), menurunkan panas badan (antipiretika), obat sakit perut, kencing manis, dan terkena racun. Kandungan senyawa kalium memberikan khasiat menurunkan tekanan darah. Hasil percobaan farmakologi menunjukkan bahwa air rebusan daun sambiloto 10% dengan takaran 0.3 ml/kg berat badan dapat memberikan penurunan kadar gula darah yang sebanding dengan pemberian suspensi glibenclamid. 10-15 daun yang direbus sampai mendidih dan diminum air rebusannya.



5.Beluntas
Tanaman yang masih banyak di jumpai terutama di wilayah pesisir ini berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan, membantu melancarkan pencernaan, meluruhkan keringat, menghilangkan bau badan dan bau mulut, meredakan demam, nyeri tulang, sakit pinggang, dan keputihan. Kadar minyak atsiri daun beluntas 5% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Staphylococcus aureus, sedangkan pada kadar 20% dapat menghambat pertumbuhan bakteri Escherechia coli.



6.Daun Jarak
Bermanfaat untuk menyembuhkan gatal-gatal, koreng, jamur pada kaki, dan luka berdarah. Selain itu tanaman ini juga bisa dimanfaatkan untuk mengatasi bengkak akibat terpukul, terkilir, dan rematik. Daun jarak pagar juga bisa digunakan untuk mengatasi perut kembung pada anak. Dengan penggunaan yang hati-hati, daun jarak pagar bahkan dapat digunakan sebagai obat pencahar ringan. Minyak yang terbuat dari biji jarak, digunakan untuk mengatasi gangguan pada kulit, bengkak, maupun terkilir.



Bermanfaat sebagai obat disentri, diare (mencret), obat batu ginjal serta dapat juga sebagai penurun kolesterol, mengatasi tubuh yang gatal kena ulat atau semut hitam, mengatasi kencing manis, penyakit liver (sakit kuning), ambien (wasir) dan maag.



8.Temu Lawak
Bermanfaat untuk anti inflamasi (anti radang), anti hepototoksik (anti keracunan empedu), hepatoprotektor (mencegah penyakit hati), menurunkan kadar kolesterol, anti inflamasi (anti radang), laxative (pencahar), diuretik (peluruh kencing), dan menghilangkan nyeri sendi.



9.Kumis Kucing
Bermanfaat untuk mengobati encok, masuk angi, sembelit, radang ginjal, batu ginjal, kencing manis, reumatik, menurunkan kadar glukosa darah. Kumis kucing juga digunakan sebagai antibakteri.



10. Mengkudu (Pace)
Meningkatkan daya tahan tubuh, anti inflamasi (mencegah terjadinya peradangan), untuk meredam sakit kepala, meredakan nyeri sendi, anti jamur (memelihara kesehatan kulit dan tubuh), anti kanker, mencegah terkena hipertensi, demam (masuk angin dan infuenza), batuk, sakit perut, menghilangkan sisik pada kaki dan juga dapat mengobati tumor.


Bermanfaat mengobati diabetes mellitus, serangan jantung, radang tenggorokan, ambeien, sembelit, penurun kadar gula darah, penyubur rambut, batuk (yang membandel), radang tenggorokan, salit kepala, pusing, kejang pada anak, kurang gizi, muntah darah, kencing manis, wasir, peluruh haid, luka terpukul, dan luka bakar.










Ini hanyalah sebagian kecil dari apa yang Allah berikan kepada kita untuk kesehatan dan kebutuhan hidup kita. Tinggal bagai mana kina menyikapi nikmat yang telah Allah berikan kepada hamba-Nya. Selain memiliki khasiat, beberapa tanaman di atas adalah obat alamiah yang mudah kita jumpai di sekitar kita serta murah. Setidaknya dapat mengurangi pengeluaran kantong, dari pada membeli obat yang mengandung bahan kimia yang justru lama kelamaan akan memberikan efek tertentu pada kesehatan diri. Semoga dapat bermanfaat dan sehat selalu baik jasmani dan rokhani kita.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Brayan Urip

Gemerlap Batu Akik Sampai Di Pekalongan