Ramadhan PC Ansor Kota Pekalongan Gelar Diskusi dan Buka Bersama



Ramadhan (رمضان) adalah bulan kesembilan dalam penanggalan Hijriyah (sistem penanggalan agama Islam). Sepanjang bulan ini pemeluk agama Islam melakukan serangkaian aktivitas keagamaan termasuk di dalamnya berpuasa, salat tarawih, peringatan turunnya Alquran, mencari malam Laylatul Qadar, memperbanyak membaca Alquran dan kemudian mengakhirinya dengan membayar zakat fitrah dan rangkaian perayaan Idul Fitri.
Kekhususan bulan Ramadan ini bagi pemeluk agama Islam tergambar pada Alquran pada surah Al-Baqarah ayat 185 yang artinya:
"bulan Ramadan, bulan yang di dalamnya diturunkan Alquran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda. Karena itu, barangsiapa di antara kamu hadir di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan itu..." (Al-Baqarah 2: 185)

Pada bulan ini, segala amal kebaikan di lipat gandakan segala pahalanya. Sehingga bulan ini juga di sebut bulan benuh rahmat dan bulan penuh ampunan. Tak ubahnya PC GP Ansor Kota Pekalongan yang memandang datangnya bulan suci ini sebagai anugerah yang penuh dengan hikmah. Dengan tidak menyia-nyiakan moment tahunan ini, PC GP ANSOR Kota Pekalongan tetap melaksanakan rutinitas seperti biasa yaitu agenda diskusi bulanan, namun ada yang berbeda dengan diskusi kali di banding dengan agenda diskusi di bulan sebelumnya. Pasalnya di momen Ramadhan ini dilaksanakan diskusi dan buka bersama dengan NU sebanom.
Kegiatan yang dilaksanakan pada hari minggu tanggal 28 Juni 2015 atau bertepatan dengan hari ke 11 puasa Ramadhan 1436 H dilaksanakan di gedung ASWAJA lantai 2, Jl. Sri Wijaya no 2 Kota Pekalongan yang dihadiri kurang lebih sekitar 50 peserta terdiri dari segenap pengurus harian PC GP ANSOR Kota Pekalongan dan penasehat, pengurus PC NU Kota Pekalongan, PC MUSLIMAT NU Kota Pekalongan, PC IPNU-IPPNU Kota Pekalongan dan beberapa tamu undangan lainnya.
Diskusi dengan tema berkah Ramadhan ini diawali dengan pemaparan dari PC NU Kota Pekalongan yang diwakili oleh Bapak Kasiman Mahmud. Beliau menyampaikan, merupakan salah satu berkah bulan Ramadhan adalah dipertemukannya antara NU dan Banom dalam acara buka puasa bersama dan diskusi. mudah-mudahan ini merupakan awal kedepan untuk bersama-sama menyamakan persepsi dan visi,” tuturnya.
NU sebanom yang jarang sekali bertemu dalam satu forum perlu adanya regulasi baru, agar tidak tercerai berai ataupun terkesan jalan sendiri-sendiri. Oleh sebab itu, acara yang dilaksanakan PC GP Ansor Kota Pekalongan perlu di apresiasi.
Momentum yang jarang sekali terlaksana ini menjadi sebuah amunisi baru untuk menyongsong NU yang lebih bersinergi. Namun untuk mewujudkan itu maka dibutuhkan tiga hal yaitu : komunikasi, silatirrahmi dan koordinasi, maka kalau NU dan BANOM ingin maju dan bersatu tiga kata kunci tadi mutlak harus dibangun,” imbuhnya.
Kegiatan ini juga mendapat respon baik oleh ketua PC MUSLIMAT NU Kota Pekalongan Dra. Nur Khasanah, yang mendukung dan merasa sudah cukup lama menanti forum semacam ini serta menyampaikan harapan kedepan agar NU dan BANOM lebih bersinergi bersama-sama dalam berbagai hal dalam satu garis perjuangan menegakkan ajaran islam Ahlussnnah wal Jama’ah.
Pada kesempatan ini hadir pula mantan kader ANSOR Kota Pekalongan yang saat ini menjadi penasehat PC GP ANSOR Kota Pekalongan diantaranya H.M Saelani Mahfudz, Jaky Zamzami, Solahudin, S.Tp. dan Marhani, selaku penasehat PC GP Ansor Kota Pekalongan periode saat ini.
Kegiatan semacam ini perlu di lestarikan dan ANSOR diharapkan menjadi jembatan sebagai penghubung semua pihak. Mengingat posisi ANSOR sebagai pemuda NU dianggap cukup dewasa dan matang dalam menentukan sikap dan langkah serta yang paling penting adalah enerjik sebagai karakter dasar pemuda NU.
Dalam kesempatan lain ketua PC GP ANSOR Kota Pekalongan M. Shodiq menyampaikan bahwa diskusi ini merupakan agenda rutin setiap bulan dan bulan Ramadhan bukan merupakan halangan untuk mengadakan kegiatan, bahkan ada dua manfaat yang akan di peroleh yang pertama konsisten menjalankan progam organisasi  dan kedua mendapat pahala yang melimpah sebagaimana hadist nabi yang mengatakan, siapa yang memberi buka pada orang yang sedang berpuasa maka ia akan mendapat pahala seperti pahalanya orang yang puasa”. Selanjutnya pada kesempatan ini disampaikan pula capaian kinerja PC GP ANSOR Kota Pekalongan serta minta masukan dan koreksi terutama dari penasehan dan NU untuk evaluasi kedepan agar menjadi lebih baik.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Konsep Brayan Urip

Gemerlap Batu Akik Sampai Di Pekalongan